RANGKUMAN TUGAS DPG

Pengaruh IT Terhadap Kebudayaan Membaca


   Kebiasaan orang dalam membaca saat ini sudah berubah mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat dan tidak ada habisnya. Sebelumnya kita membaca teks yang dibuat manual oleh manusia, digoreskan dalam sebuah media (dari kulit pohon, daun, sampai kertas) dan kita membacanya pun manual, kita pegang medianya, dibuka, di balik-balik halamannya, bagaimanapun caranya sampai terbaca. Dengan IT orang berubah kebiasaan, membaca secara digital. Objek bacaan dibuat dalam bentuk digital, dan dapat dibuka dengan perangkat elektronik yang mendukung.


   Dampak positif pengaruh IT terhadap budaya membaca ini :
  • Mengurangi penebangan pohon dan penggunaan sumber daya alam dalam proses pengolahan pohon-pohon yang ditebang menjadi buku-buku yang kita baca
  • Harga buku jadi lebih murah karena tentunya tanpa biaya bahan mentah dan biaya produksi berkurang (ini penting buat pelajar seperti saya yang ga mampu beli buku apalagi buku impor, hehehe...)
  • biaya perawatan lebih sedikit, tidak makan tempat, praktis dong ...
  • tidak ada istilah buku lecek, sobek, rusak, dll yang ada file buku kita hilang atau gadgetnya yang rusak


   Dampak negatif pengaruh IT terhadap budaya membaca ini :
  • mudah dibajak, bisa saja kita hanya membeli satu buku lalu kita kopi file bukunya dan kita sebar luaskan (dijual lagi misalnya)
  • Orang jadi lebih mudah melakukan plagiat terhadap tulisan orang lain


   Saat kita menciptakan, merancang konsep sebuah karya, itu disebut DESAIN.

   Objek yang dihasilkan saat pendesainan bisa berupa kombinasi dari titik, simbol, teks, dan permainan warna, disebut 
GRAFIK.



   HTML5 dibanding dengan HTML 4 
  •  lebih mandiri, ketergantungan terhadap plugin eksternal dikurangi (misal: adobe Flash untuk memutar video dan audio,dengan HTML 5 memutar audio dan video jadi lebih mudah dan cepat )
  • lebih mudah dimengerti oleh developer dan mesin, penggunaan sintaks yang lebih sederhana dan efisien, menggunakan tipe dokumen yang lebih sederhana yaitu struktur halaman lebih sederhana:
  • Dengan markup struktural baru
  • konten yang ada di situs akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari
  CSS 3 merupakan penyempurnaan dari CSS 2.

  • animasi, untuk membuat animasi di web bisa langsung menggunakan CSS 3 tanpa harus menggunakan program seperti adobe flash atau microsoft silverlight
  •  terdapat beberapa efek teks seperti teks berbayang, kolom koran, dan "word-wrap".
  • Jenis huruf eksternal, sehingga dapat menggunakan huruf yang tidak termasuk "web-safe fonts", jadi kita lebih mudah meng -custom font di web kita
  • Beberapa efek pada kotak, seperti kotak yang ukurannya dapat diubah-ubah, transformasi 2 dimensi dan 3 dimensi, sudut-sudut yang tumpul dan bayangan

   HTML 5 muncul sebagai pembaharuan sekaligus penyempurnaan dari versi-versi HTML sebelumnya.
  • CANVAS,  untuk menggambar di halaman web menggunakan javascript, tentunya akan ditampilkan bila browser yang anda gunakan sudah mendukung HTML 5. 
  • Audio dan Video,  untuk mengurangi ketergantungan terhadap plugin(sudah support multimedia, bisa memutar video tanpa adobe Flash), bagi developer ya lebih cepat dan efisien karena alamat video,coding css dan javascript ditempatkan dalam satu dokumen HTML
  • Semantik(Coding) yang lebih sederhana,  Dokumen HTML menjadi lebih sederhana dengan tag2nya tanpa harus dibuat ID/classnya terlebih dahulu.
  • LOCAL STORAGE,  dapat menyimpan data dalam browser pengguna, di HTML sebelumnya data ini disimpan sebagai cookie. Data hanya diberikan oleh server ketika data diminta, dengan fitur ini data dapat disimpan dalam jumlah besar tapi tidak sampai mengganggu kerja web.

Pengaruh Fitur Multimedia dan Permainan Warna Pada Desain Web


   Adanya fitur multimedia dan permainan warna mempengaruhi baik atau tidaknya interface desain sebuah website /  situs web. Tapi permainan warna dan pengggunaan fitur multimedia harus disesuaikan dengan isi dan tujuan sebuah website dibuat, juga kalangan penggunanya (tepat sasaran) sehingga tidak sia-sia dan hasilnya buruk.

Kesimpulan FiturHTML5 dan adanya Multimedia dan Permainan Warna terhadap Desain Web


   Dengan dikembangkannya HTML 5 dan CSS 3 yang memudahkan kita menggarap sebuah website, tidak membuat  kita langsung memasukkan semua fitur yang ada. Pemanfaatan semua fitur yang ada beserta permainan warna harus disesuaikan dengan isi dan tujuan sebuah website dibuat, juga kalangan penggunanya (tepat sasaran).


  Seperti apakah sebuah film 3D yang baik ?
sebuah film 3D yang baik itu adalah film yang penggunaan 3Dnya itu optimal, misal di adegan yang memang cocok maka diberi 3D. Dan karena namanya 3D, hasil yang dibuat ya kalau tidak se-real mungkin ya harus seunik mungkin, begitu juga sebaliknya kalau tidak seunik mungkin ya harus se-real mungkin. Jadi penonton dibuat serasa menyatu dengan film, seakan - akan merasakan apa yang terjadi dalam film. Misal seperti benar - benar melihat ada obyek yang terbang atau menyentuh kita, tentunya pengalaman menonton film akan lebih seru.
  Apakah semua film dari berbagai genre bisa di ubah ke 3D atau tetap 2D ?
Ya bisa saja, menurut saya silahkan saja film genre apa saja dibuat 3D selama ada modalnya dan punya teknologinya. Tapi seperti yang saya bilang sebelumnya semua itu akan optimal tidak ? Bisa tergantung oleh banyak hal seperti konsep film, tujuannya, dan lain – lain.

UBIQUITOS COMPUTING :SMART TELEVISION

    
   UBIQUITOUS COMPUTING artinya komputasi di mana-mana, atau kalau menurut saya akses network di mana saja dengan device apa saja (berbagai device).
Seiring dengan perkembangan zaman sudah banyak diciptakan berbagai alat elektronik dengan konsep UBIQUITOUS computing, seperti smart car, smartphone, smart TV, smart AC, smart refrigerator, smart vacuum cleaner, smart house, dan mungkin masih banyak lagi yang sedang dikembangkan di belahan dunia lain.



No comments:

Post a Comment