FITUR HTML 5

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, HTML 5 muncul sebagai pembaharuan sekaligus penyempurnaan dari versi-versi HTML sebelumnya.

Berikut ini adalah fitur-fitur baru dari HTML 5:



pada HTML5 muncul lebih singkat/sederhana dibandingkan dengan di HTML sebelumnya. Hal ini sudah pasti mempersingkat waktu developer dan memudahkan developer amatir untuk membangun sebuah web.

CANVAS
Fitur ini baru ada di HTML 5, berguna untuk menggambar di halaman web menggunakan javascript, tentunya akan ditampilkan bila browser yang anda gunakan sudah mendukung HTML 5. 

Audio dan Video
Fitur ini muncul dengan tujuan utuk mengurangi ketergantungan terhadap plugin(sudah support multimedia, bisa memutar video tanpa adobe Flash), bagi developer ya lebih cepat dan efisien karena alamat video,coding css dan javascript ditempatkan dalam satu dokumen HTML.
Bagi user, untuk menikmati audio dan video yang disediakan web menjadi lebih mudah, akses  lebih cepat hemat kuota pula.

Semantik(Coding) yang lebih sederhana
Dengan tujuan mudah dipahami oleh developer(apalagi yang masih newbie), coding di HTML 5 dibuat lebih sederhana dibandingkan HTML yang sebelumnya. Dokumen HTML menjadi lebih sederhana dengan tag2nya tanpa harus dibuat ID/classnya terlebih dahulu.

LOCAL STORAGE
Di HTML 5 web dapat menyimpan data dalam browser pengguna, di HTML sebelumnya data ini disimpan sebagai cookie. Data hanya diberikan oleh server ketika data diminta, dengan fitur ini data dapat disimpan dalam jumlah besar tapi tidak sampai mengganggu kerja web.

sumber:


  • w3schools.com
  • css-weaver.com

No comments:

Post a Comment