Pengaruh Fitur Multimedia dan Permainan Warna pada Desain Web

Ada pertanyaan :
"Kenapa facebook itu cuma biru sama putih, minim gambar, minim video, tapi orang-orang betah berjam-jam main facebook ? "

Adanya multimedia dan warna-warna yang menarik sangat penting keberadaannya dalam sebuah website. Itu semua jadi standar untuk bikin sebuah website ? Menurut saya, itu semua kembali lagi tergantung ke tujuan sebuah website itu dibuat.
Makanya sebelum buat website itu kudu dipikirkan secara cermat. Misal: Ini web untuk apa, kira-kira yang buka kalangan apa saja, bisa diisi apa saja webnya, dll.

Jadi tampilan website yang baik itu adalah yang sesuai dengan isi web dan tujuan web itu dibuat. Jadi banyak video, banyak audio, warna paling keren, kinclong dan ngejreng belum tentu jadi favorit pengguna, semuanya harus disesuaikan.

Contohnya facebook, facebook ini dibuat sebagai web social media (yang kalau menurut saya buat sebagian orang adalah tempat laporan kegiatan sehari-hari), penggunanya bisa remaja sampai kakek nenek, maka dirancang sesimpel dan seminimalis mungkin (kecuali game, ga mungkin dong kita main game tampilannya cuma biru, putih sama item ?). Pengaturan warna dibuat seramah mungkin dengan mata penggunanya, dibuat soft untuk mata manusia jadi si pengguna tanpa sadar bisa saja sudah menghabiskan waktu berjam-jam memainkan facebook. Lagipula dengan tampilan simpel otomatis mengakses facebook tentunya akan lebih cepat (sampai jadi patokan, suka ada yang bilang "lola nih, buka facebook aja lama !").

Jadi tampilan facebook sudah dirancang supaya menyesuaikan dengan tujuan facebook itu dibuat, yaitu tempat si user curhat setiap hari, mantau status orang lain (stalking :P), chatting, main game, dibuatlah yang senyaman mungkin dilihatnya, simpel dan ga bikin sakit mata.



No comments:

Post a Comment