LATEX

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. TEX diciptakan oleh Donald E. Knuth (Mei1977) sebagai bahasa pembentuk dokumen (document formatting language). Pada awalnya LaTeX berasal dari TeX yang dibuat dengan bahasa pemrograman pascal, namun dikembangkan dengan bahasa (C).
perintah – perintah TeX dirasakan sangat sulit untuk membuat dokumen berstruktur. Oleh Leslie Lamport TeX kemudian disempurnakan dengan perintah – perintah pembuatan dokumen yang berstruktur agar lebih mudah. Jadi penyempurnaan dari TeX ialah LaTeX.LaTeX adalah sistem typesetting yang dapat digunakan untuk membuat artikel, buku, surat, dan publikasi lain berkualitas tinggi. LaTeX tidak bekerja seperti pengolah kata WYSIWYG(What You See Is What You Get), jenis persiapan dokumen yang sudah banyak dipakai oleh banyak orang. Dengan LaTeX, Anda tidak harus perduli dengan pemformatan dokumen, hanya tentang penulisan dokumen.
Perangkat lunak TEX memiliki kemampuan yang baik untuk mengolah dokumen-dokumen yang berkualitas tinggi. Kelemahannya, perintah perintahnya sulit digunakan untuk menuliskan dokumen terstruktur yang terdiri dari unsur - unsur bab, sub-bab, paragraf, tabel dan gambar bernomor, dsb.
Software LaTeX dapat digunakan dalam lingkungan Unix, Linux, Windows maupun Macintosh, untuk windows khususnya tedapat beberapa software LaTeX seperti PCTeX, Miktex, Scientific word, proText, true Text. Pada intinya LaTeX adalah system dalam perangkat lunak yang mempelajari tentang bahasa matematika. LaTeX itu bukan word processor seperti word, tapi merupakan typesetting tools.
Untuk membuat dokumen dengan LaTeX, kita menuliskannya dengan teks editor lalu ditambah banyak command untuk pengaturannya. Setelah di compile hasilnya akan kelihatan. LaTeX sangat powerful dalam menangani dokumen berskala besar seperti penulisan buku dan penulisan bahasa matematis (maupun symbol – symbol matematis).

LaTeX adalah paket makro yang memungkinkan penulis untuk menggunakan TeX.
TeX sebagai format mesin,, kata yang diucapkan LaTeX yaitu “Lay-tech” atau “Lah-tect”.
LaTeX banyak digunakan di teknis penerbitan Industri untuk akademi jurnal, terutama oleh mathematicians dan physicists. LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya. LaTeX ditulis pada awal 1980-an oleh Leslie Lamport di SRI International . Versi paling mutakhir adalah LateX2e. LaTeX merupakan perangkat lunak bebas, dan didistribusikan sesuai dengan ketentuan LaTeX Project Public License (LPPL).
Meskipun banyak aplikasi pengolah dokumen yang menawarkan kemudahan seperti Microsoft Word, tapi menggunakan Latex tentunya mempunyai tantangan tersendiri, menggunakan latex tentunya kita diharuskan mengerti sedikit tentang apa itu pemrograman dan bahasa markup. karena untuk menghasilkan suatu dokumen kita harus melakukan kompilasi layaknya pemrograman. Tapi bagi kalangan ilmuwan, profesional, akademis dan matematikawan tentunya mereka lebih memilih Latex dibandingkan pengolah dokumen lainnya, karena selain bersifat Freeware, Latex juga menyediakan fungsi-fungsi yang lengkap untuk menunjang sebuah penulisan yang bersifat ilmiah, selain itu juga mudah dalam pendistribusiannya.
Versi LATEX yang sudah baku ini memiliki beberapa kekuatan, diantaranya:
  • Standard yang sangat baik untuk menyiapkan tulisan teks,formula teknis, dan tabel-tabel
  • Kemudahan penggunaan oleh penulis naskah.
  • Portabilitas dokumen pada berbagai platform
  • Adaptabilitas terhadap banyak bahasa (multilingual support)
  • Ketersediaan secara meluas dan bebas

No comments:

Post a Comment