Youtube


Social Network : Youtube
Pengantar Web Science

Youtube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, Youtube juga merupakan media bagi para pengguna untuk dapat memuat, menonton, dan berbagi video klip secara gratis. 

Youtube sangat cocok bagi yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca suatu artikel. Umumnya video-video yang ada di youtube adalah video klip musik, acara tv, film, juga video buatan para pengguna Youtube. Dan perlu diingat video yang ada di Youtube hanya dapat dilihat menggunakan browser atau pada smartphone dapat menggunakan aplikasi Youtube, tidak bisa ditonton secara offline ataupun di download (untuk dapat mendownload kita bisa menggunakan plug in pada browser atau aplikasi pihak ketiga, #Thanks to the programmers :D ).





Sejarah

Youtube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang eks karyawan PAYPAL : Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Chad Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Youtube meluncurkan Beta test pada bulan Mei 2005, 6 bulan sebelum official launching yang dilaksanakan pada bulan November 2005. Pada tanggal 9 bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai 1,65 miliar US, kenapa mahal sekali ? mungkin karena Youtube merupakan situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, dan pasti ini sangat menguntungkan bagi Google. Karena sangat mudah untuk diakses, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, fasilitas YouTube tidak bisa diakses. 


Beberapa fakta tentang Youtube
  • Pada awalnya kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California. 
  • Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul "Me at The Zoo", menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di Youtube.  
  • Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari.
  • Pemilihan nama www.Youtube.com mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap Youtube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh ramainya orang yang mencari situs Youtube.
  • Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000.
  • Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $.
  • Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi "Speakers Corners" dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat.
  • Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen lebih pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.
        
     
Konsep 

YouTube merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) yang populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, mengomentari, dan berbagi klip video secara gratis.

Teknologi
Semua orang dapat mengakses dan melihat video dari situs Youtube. Tapi bagi yang memiliki akun Youtube, memiliki akses lebih seperti :
  • Dapat menggunggah video melalui akun Youtube nya.


  • Dapat mengomentari video yang kita atau orang lain unggah.
 
  


  • dapat mensubscribe channel yang kita sukai lalui kita akan menerima pemberitahuan saat channel itu telah mengunggah video baru.
  • Fitur 'like' or 'dislike', jadi kita dapat mengetahui berapa banyak pengguna Youtube yang menyukai atau tidak menyukai suatu video yang diunggah oleh pengguna Youtube lain.

 

  • 'Watch Later', fitur ini akan menyimpan alamat video yang sudah ditandai ke dalam akun Youtube kita supaya dapat ditonton kapan saja.
  • Fitur 'Recommended' dan 'Related Video', kedua fitur ini hampir sama. Youtube akan menampilkan video-video yang berhubungan dengan video yang kita sedang buka atau pernah kita buka sebelumnya (untuk fitur 'Recommended' ditampilkan di halaman home Youtube saat User sudah Login.
  • Sesama pengguna Youtube dapat saling mengirimkan pesan melalui 'Inbox'.

 




Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Youtube :
  • Mudah diakses oleh siapa saja.
  • Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen lebih pasar. Sehingga sangat mungkin kita dapat menemukan semua video yang bermanfaat yang kita cari lewat Youtube.
  • Dengan adanya Youtube kita dapat melihat acara TV secara streaming.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi diri dan juga memasarkan usaha kita.

Kekurangan Youtube :
  • Membutuhkan bandwith yang besar untuk memutar videonya.
  • Karena semua orang dapat dengan mudah membuat dan mengunggah videonya ke Youtube, banyak video yang begitu di putar ternyata isinya tidak berguna (terkadang hanya berisi hoax).
  • Karena bebasnya video yang dishare, menyebabkan Youtube diblokir oleh beberapa negara (Indonesia sendiri juga pernah memblokir Youtube saat film FITNA beredar di Youtube).
  • Tidak ada fitur Download diYoutube, untuk mendownload harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti IDM (Internet Download Manager), add-on Youtube Downloader pada Mozilla Firefox, atau situs seperti Keepvid.com.

Keamanan

Youtube memiliki Pedoman Komunitas sebagai pedoman untuk YouTube yang menguraikan jenis konten yang diizinkan dan tidak diizinkan di situs. Namun, mungkin ada kasus saat Anda memilih untuk tidak memasukkan konten meskipun konten tersebut mematuhi pedoman Youtube.
Ikut serta dalam Mode Perlindungan artinya video dengan konten dewasa atau telah dibatasi sesuai umur tidak akan muncul di penelusuran video, video terkait, daftar putar, pertunjukan, atau film. Meskipun tidak ada filter yang akurat 100%, Youtube menggunakan pemanjian komunitas dan deteksi gambar porno untuk membantu mengidentifikasi dan menyembunyikan konten yang tidak pantas. Ini juga didesain untuk menyembunyikan komentar yang tidak menyenangkan. Mode Perlindungan di YouTube tidak menghapus konten dari situs, namun membantu menyembunyikannya dari pengguna yang ikut serta.
Perhatikan bahwa, seperti banyak situs yang menginangi konten dari pengguna, YouTube tidak disarankan untuk anak usia di bawah 13 tahun. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang YouTube dan Mode Perlindungan di youtube.com/safety

Pemanfaatan dan Pengembangan di Masa Depan
  • Sampai kedepannya nanti Youtube dapat berguna sebagai bank kebudayaan manusia karena ada sangat banyak video yang ditampung Youtube yang berisi informasi dan ilmu (di luar dari video-video yang kurang baik kontennya atau video yang berisi hoax).
  • Bila komputerisasi, penyebaran bandwith sudah merata dan bandwith sudah menjadi murah di seluruh dunia, Youtube dapat menggeser fungsi televisi karena semua acara televisi, film, berita yang berbentuk video nanti bisa diakses melalui world wide streaming . Antara pengunggah dan penikmat video pun dapat langsung berinteraksi lewat comment dan pesan (siapa tahu ke depannya nanti Youtube akan menambahkan fitur live chat supaya interaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat, atau mungkin terintegrasi langsung dengan Google+ karena dengan satu email Gmail sekarang kita sudah dapat mengakses semua produk yang dikepalai Google seperti Gmail, Google.com, Blogger.com, dan Youtube.com).




Sumber :

No comments:

Post a Comment