New Living With New Media









   “New media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.“  -Wikipedia-


   (Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.) -Wikipedia





   Salah satu media baru yang akan saya ulas adalah perangkat telepon genggam yang sering kita sebut handphone atau HP. Sedikit info, penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper seorang karyawan Motorola. 


Berikut adalah perkembangan HP dari berbagai aspek.


1. Fungsi


   Dahulu HP hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan pengiriman pesan saja, namun kini seiring dengan terus dikembangkannya teknologi HP dengan HP kita dapat melakukan banyak hal. Apalagi hingga kini sudah banyak bermunculan smartphone di pasaran dari yang murah meriah  sampai yang paling mahal pun ada. 

   HP pintar masa kini sudah disisipkan Java sehingga pengguna dapat  memasukkan aplikasi sesuai kebutuhan pengguna seperti aplikasi office untuk mengolah kata dan angka, membuat presentasi, e-book, kamus, kitab suci, pemutar music dan banyak hal lainnya. Bahkan pengguna yang mengerti dapat mengembangkan aplikasinya sendiri.       Ada juga HP yang dapat berfungsi sebagai modem, dapat menangkap koneksi infra merah, bluetooth , dan wi-fi, HP yang dapat berfungsi sebagai proyektor, HP sebagai TV, melakukan video teleconference, menonton video, berinternetan (dengan koneksi internet tidak terkira hal  hal yang dapat dilakukan dengan HP) , HP sebagai pengendali komputer dari jarak jauh, pengendali alarm, bahkan sebagai pengendali bom pun HP juga bisa.


   2. Desain

   Dahulu bentuk dan desain HP masih besar – besar, agak kurang bagus.




   Sekarang desain HP sangat bervariasi, demi meraih pasar HP dibuat dengan memperhatikan keindahan, segi ergonomiknya,bahan,  dan lain – lain. Ada yang berusaha membuat HP sekecil mungkin, ada pula yang membuatnya setipis mungkin, seunik mungkin . Dari tombol yang hanya berisi angka, QWERTY (seperti keyboard), sampai layar sentuh. Di Jepang bahkan sudah ada yang berhasil menemukan HP yang dapat medeteksi gerak, jadi pengguna mengendalikan HPnya hanya dengan menggerakkan jari atau tangan di depan layar HP yang di dalamnya ditanam kamera untuk menangkap gerakan tangan pengguna.




   Perkembangan telepon genggam yang sangat pesat mebuat semua orang mengenal telepon genggam, hampir semua kalangan masyarakat mampu memiliki telepon genggam. Hal tidak hanya memiliki dampak positif tapi juga memiliki dampak negatif.
Dampak positifnya, dengan adanya HP hidup dapat menjadi lebih mudah, penyaluran informasi menjadi berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan dahulu sebelum ditemukannya telepon genggam, banyak inovasi yang bermunculan dari para pengembang teknologi telepon genggam, hal ini tentunya akan menciptakan lahan pekerjaan bagi orang banyak.
   Dampak negatifnya, orang dapat menjadi sangat ketergantungan dengan telepon genggamnya dan mengabaikan hal-hal di sekelilingnya. Potensi terjadinya kriminalitas pun semakin besar, misalnya, menyimpan hal-hal yang tidak baik di telepon genggam sehingga memicu terjadinya kriminalitas,orang dapat dengan mudah melakukan penipuan melalui telepon genggam.


Referensi
http://www.kapanlagi.com/ragam/lifestyle/10-hp-paling-unik-yang-ada.html
http://en.wikipedia.org/wiki/New_media 



  


No comments:

Post a Comment